Kamis, 01 November 2012



BIDANG KURIKULUM
SMA  NEGERI 3 KAYUAGUNG
  1. PROGRAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU
    Dalam meningkatkan profesonalisme Guru, maka disetiap awal  semester dilaksanakan Program MGMP Sekolah yang bertujuan untuk menyusun Perangkat Pembelajaran lengkap untuk dipakai pada kegiatan belajar mengajar, selain MGMP Sekolah guru juga dituntun untuk mengembangkan dirinya dengan pembelajaran berbasis multimedia.
  2. PROGRAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
    • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
      Dalam Mengembangkan krikulum tingkat satuan pendidikan dmana sekolah dituntut untuk merangcang sendiri kebutuhan kurikulum yang telah diamanatkan dalam Perundang-undangan nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi kurikulum, sehingga  guru dituntut untuk megembangkan silabus tiap mata pelajaran yang dilaksanakan dalam wadah MGMP sekolah yang dikordinir oleh ketua rumpun mata pelajaran dengan difasilitasi oleh forum MGMP sekolah.
    • Perangkat Pembelajaran
      Perangkat pembelajaran yang harus disediakan oleh tiap guru mata pelajaran antara lain :
      1. Analisis Kurikulum/Pemetan per KD
      2. Program Tahunan
      3. Program Semester
      4. Silabus pembelajaran
      5. Analisis indicator (KKM)
      6. Rencana paket pembelajaran (RPP)
      7. Materi Ajar
      8. Buku Penilaian Siswa
      9. Analisis Hasil Belajar siswa
Perkembangan pembelajaran di kelas dituliskan dalam jurnal kelas.
    • Program Pelayanan dan Pembinaan Siswa
      • Kegiatan pembelajaran dilaksanakan hari senin sampai sabtu
      • Program kegiatan pembelajaran mulai dilaksanakan tepat pukul 06.30s/d 16.20
§  Dengan struktur kurikulum sebagai berikut :
§ 
Distribusi Jumlah Jam Pelajaran Per Hari
    • Evaluasi Pembelajaran
      1. Jenis tes yang dipergunakan untuk evaluasi adalah tes formatif dan tes sumatif.
      2. Format pelaksanan :
        • Tes formatif dilaksanakan secaa bersamaan dan terjadwal
        • Setelah ulangan formattif dilaksanakan remedial bagi yang belum tuntas dan berikutnya diberika ulangan perbaikan
        • Di akhir semester dadakan tes semester selama 7 hari terjadwal dengan materi seluruh materi yang telah diajarkan dalam semester tersebut
      3. Hasil evaluasi di tulis dalam buku penilaian guru dan dimasukkan ke pihak kurikulum dalam bentuk file excel untuk diolah dalam leger laporan hasil belajar siswa
      4. Try Out dilaksanakan untuk kelas XII dan dimulai pada bulan Desember 2012
      5. Privat untuk kelas XII dilaksanakan pada bulan Januari s/d Maret 2013 dan setelah dilaksanakan privat dilakukan ujian untuk mengevaluasi kemampan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional.
      6. Ujian Nasional, Ujian Sekolah, Ujian Praktik
Ujian Nasional perkiraan dilaksanakan pada bulan April 2013 selama 5 hari
§  Ujian sekolah perkiraan dilaksanakan pada bulan Mei 2013 selama tiga hari. Kegiatan yang terkait dengan ujian sekolah biasanya Kisi-kisi soal diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tengah sementara pihak sekolah menyusun soal berdasarkan kisi-kisi soal, pedoman penskoran dan telaah soal.
§  Ujian Praktik diperkirakan pelaksanaan di pertengahan bulan Mei 2013 selama 7 hari. Kegiatan yang terkait dengan ujian praktik adalah (kisi-kisi, kartu soal, pedoman penskoran dan telaah soal.
    • Remedial
      1. Remedial adalah pemberian materi pembelajaran pada siswa yang belum tutas dalam langan yang diberikan secara individual maupun kelompok atau klasikal.
      2. Ulangan perbaikan dilaksanakan setelah KBM, dengan jadwal yang dikoordinasikan dengan pengajar lain.
      3. Hasil ulangan susulan dan ulangan perbaikan beseta soal diserahkan ke bidang kurikulum.
      4. Proses komputerisasi nilai afektif, psikomotorik dan nilai perbaikan dilakukan oleh guru mata pelajaran.
  1. KETENTUAN KENAIKAN KELAS, PENJURUSAN DAN KELULUSAN
    • Kenaikan Kelas X ke kelas XI
      1. Nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada semester 1 dan 2 di kelas X lengkap.
      2. Rata-rata nilai semester 1 dan semester 2 tiap mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan maksimal 3 (tiga) mata pelajaran.
      3. Nilai yang tidak mencapai ketuntasan sebagaimana dimaksud pada nomor 2 minimal nilai 60 (enam puluh).
      4. Rata-rata nilai afektif pada semester 1 dan semester 2 minimal B
      5. Rata-rata nilai psikomotorik pada semester 1 dan semester 2 minimal 60 (enam puluh)
      6. Kehadiran tatap muka minimal 90%
    • Penjurusan
      • Program IPA
        • Nilai untuk mata pelajaran IPA yaitu Fisika, Kimia dan Biologi harus sudah mencapai Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (KKM)
        • Nilai kurang yang dimaksud poin b adalah minimal 69.
        • Rata-rata semester 1 dan semester 2 harus mencapai 70, hanya boleh 1 mata pelajaran yang tidak mecapai 70.
        • Sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
      • Program IPS
        • Rata-rata semester 1 dan semester 2 adalah 70 pada mata pelajaran:
          Sejarah, Geografi, Ekonomi dan Sosiologi dan nilai-nilai tersebut tuntas pada masing-masing semester.
        • Sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
      • Program Bahasa
        • Rata-rata semester 1 dan semester 2 adalah 70 pada mata pelajaran:
          Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman dan nilai-nilai tersebut tuntas pada masing-masing semester.
        • Sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
      • Jika siswa tidak memenuhi persyaratan ketiga program tersebut di atas maka siswa tersebut akan dijuruskan ke program IPS dengan memperhatikan rata-rata nilai semester 1 dan semester 2 pada program IPS dengan nilai rata-rata tertinggi.
    • Kenaikan kelas XI ke kelas XII
      • Program IPA
        • Nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada semester 3 dan 4 lengkap
        • Rata-rata nilai semester 3 dan semester 4 tiap mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan maksimal 3 (tiga) mata pelajaran.
        • Nilai yang tidak mencapai ketuntasan sebagaimana dimaksud pada nomor 2 minimal nilai 65
        • Nilai pelajaran  pokok  jurusan  (Fisika, Kimia, Biologi ) minimal  70
        • Rata-rata  nilai Rata-rata nilai afektif pada semester 3 dan semester 4 minimal B
        • Rata-rata nilai psikomotorik pada semester 3 dan semester 4 minimal 65
        • Kehadiran tatap muka minimal 90%
      • Program IPS
        • Nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada semester 3 dan semester 4 lengkap
        • Rata-rata nilai semester 3 dan 4 yang tidak mencapai ketuntasan maksimal 3 (tiga) mata pelajaran
        • Nilai yang tidak mencapai ketuntasan sebagaimana dimaksud pada nomor 2 minimal nilai 65 dan bukan pada pelajaran pokok jurusan (Sejarah, Geografi, ekonomi dan Sosiologi).
        • Rata-rata nilai afektif pada semester 3 dan semester 4 minimal B
        • Rata-rata nilai psikomotorik pada semester 3 dan 4 minimal 65
        • Kehadiran tatap muka minimal 90%
      • Program Bahasa
        • Nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada semester 3 dan 4 lengkap
        • Rata-rata nilai semester 3 dan semester 4 tiap mata pelajaran yang tidak mencapai ketuntasan maksimal 3 (tiga) mata pelajaran.
        • Nilai yang tidak mencapai ketuntasan sebagaimana dimaksud pada nomor 2 minimal nilai 65
        • Nilai pelajaran  pokok  jurusan  (Sastra, Antropologi, Bahasa Jerman) minimal  65
        • Rata-rata  nilai Rata-rata nilai afektif pada semester 3 dan semester 4 minimal B
        • Rata-rata nilai psikomotorik pada semester 3 dan semester 4 minimal 65
        • Kehadiran tatap muka minimal 90%
    • Ketentuan Kelulusan
      1. Nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada semester 1 s/d semester 6 lengkap.
      2. Pada Ujian Nasional dan Ujian sekolah tertulis maupun praktik memenuhi kriteria nilai kelulusan yang telah ditetapkan yaitu 6,00.
      3. Rata-rata nilai afektif pada semester 5 s/d semester 6 minimal B
      4. Rata-rata nilai psikomotorik pada semester 5 s/d semester 6 minimal 65
      5. Kehadiran tatap muka semester 5 s/d semester 6 minimal 90%
      6. Lulus Ujian Nasional dengan kriteria :
        a). Nilai Rata-rata 5,50
        b). Boleh memiliki nilai 4,00 dua mata pelajaran, tetapi mata pelajaran yang lain tidak boleh kurang dari 4,25
PROGRAM-PROGRAM BIDANG KURIKULUM
NO
PROGRAM DAN KEGIATAN
TUJUAN
SASARAN
A
PROSES PEMBELAJARAN
1
Penyusunan pembagian tugas mengajar guru.
Tercapainya target dan tujuan sekolah
Daftar  dan surat tugas mengajar tiap guru tahun pembelajaran 2012/2013
2
Penyusunan jadwal pelajaran
Tercapainya target  dan tujuan sekolah
Jadwal pelajaran tahun 2012/2013 dan daftar guru piket
3
Penyusunan program pembelajaran.
Tercapainya target  dan tujuan sekolah
Semua guru
4
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
Tercapainya target  dan tujuan sekolah
Semua guru melaksanakan tugas pokok
5
Evaluasi  kegiatan belajar mengajar (pekn ulangan)
Mengetahui daya serap dan ketuntasan belajar Bahan laporan untuk orang tua tentang hasil belajar siswa
Tersusunya kisi-kisi, kartu soal telaah, dan naskah soal, ulangan blok, ujian. Setiap bidang studi dan semua siswa
6
Analisi ulangan Harian
Memetakan  ketuntasan yang telah dicapai siswa dan menganalisis kemajuan proses pembelajaran.
Mendapat peta ketercapaian ketuntasan belajar siswa
7
Program Remedial  dan pengayaan
Meningkatkan prosentase daya serap dan ketuntasan belajar
Remedial : siswa yang belum tuntas Pengayaan siswa yang telah tuntas.
8
Supervisi Kelas
Meningkatkan kwalitas pembelajaran dan  mencari kesulitan  yang dijumpai guru
Guru mata pelajaran
9
MGMP
Meningkatkan profesionalisme guru .
Semua guru bidang studi dan BK
10
Ujian nasional dan Ujian Sekolah
Mengukur keberhasilan PBM
Siswa kelas XII
11
Entri nilai tagihan/ ulangan/ remedial ke database
Terlaksananya administrasi sekolah yang berbasis IT
Tercatatnya nilai di dalam database sekolah
12
Pengolahan nilai raport
Laporan Hasil Belajar siswa
Mengolah nilai tagihan menjadi nilai raport
13
Penyampian hasil belajar ke orang tua murid
Orang tua mengetahui hasil belajar siswa.
Terlaksananya pembagian raport sesuai jadwal
14
Penulisan STTB
Laporan Hasil Belajar siswa
Terlaksananya penulisan STTB
15
Penyerahan dokumen hasil belajar siswa kelas XII ke orang tua murid
Laporan Hasil Belajar siswa secara menyeluruh selama di SMA N  3 KAYUAGUNG
Terlaksananya penyerahan dokumen
16
Psikotest Kelas X
Memetakan Minat kelas siswa kelas X
Terlaksananya Psikotest sehingga mengetahui minat dan bakat siswa
17
Tes Pemetaan bakat kelas X
Pemetaan siswa kelas X untuk menentukan tindak lanjut pemb. selanjutnya.
Siswa Kelas X
B
PROGRAM PENGEMBANGAN
18
Sosialisasi KTSP
Memahami KTSP dengan benar
Semua Guru
19
Pengembangan KTSP
Mengembangkan Kurikulum sesuai tuntutan global
Semua Guru
20
Pelatihan Penggunaan Multimedia
Meningkatkan profesinalisme guru
Semua Guru
21
Pembelajaran Pelatihan Penulisan Soal
Meningkatkan profesinalisme guru
Semua Guru
22
Pelatihan Bahasa Inggris
Meningkatkan profesinalisme guru
Semua Guru
23
Team Pembinaan Siswa Berbakat
Meningkatakan prestasi SMA N 3 Kayuagung dalam Bidang akademik dalam berbagai kompetisi.
10 Siswa dapat masuk kompetisi tingkat Nasional.
24
Pendalaman Materi
Meningkatkan keberhasilan siswa kelas XI dan XII dalam UN/S dan SPMB
Siswa Kelas XI dan XII
25
Konsultasi Mata Pelajaran
Membantu siswa yang mendapat kesulitan dalam memahami materi pelajaran
Semua Siswa
26
Penyempurnaan Sistem Adminitrasi Sekolah
Meningkatkan pelayanan pada warga sekolah dalam hal adminitrasi sekolah
Admintrasi sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar